Mandala Setop Operasi Sementara

Salah satu maskapai penerbangan nasional kategori pelayanan minimum memutuskan berhenti beroperasi sementara, alasannya adalah karena perusahaan tidak dapat membayar atau memenuhi tanggung jawab terhadap lessor (pihak yang menyewakan pesawat). Keputusan ini diambil demi menyelamatkan perusahaan pada masa mendatang, seperti yang dijelaskan oleh Dirjen Perhubungan Udara, Herry Bakti Singayuda.

Permohonan setop operasi ini diajukan kemarin, 12 Januari 2011 untuk diberlakukan hari ini 13 Januari 2011.

Mandala Airlines didirikan  pada 17 April 1969, dengan pemilik awalnya adalah Kostrad. Pada 2006, 100% saham dijual kepada Cardig Internasional, lalu pada tahun yang sama Indigo Partners masuk sebagai pemegang saham dengan membeli 49% saham Mandala.

Mandala Airlines menyewa 5 unit pesawat untuk kegiatan operasinya, tipe A320 tiga unit dan A319 2 unit dengan melayani rute penerbangan domestik dan luar negeri seperti Singapura, Macau dan Hong kong.

Cardig Internasional adalah perusahaan yang bergerak di bidang angkutan logistik udara, katering udara, dan layanan bandara. Sedangkan Indigo Partners adalah perusahaan investasti di bidang transportasi, yang juga memiliki saham di beberapa maskapai penerbangan, seperti Spirit Airlines (AS), Tiger (Singapura), Abnanova Airlines (Rusia) danWizz (Eropa).

Kendala keuangan adalah hal yang sangat mempengaruhi terganggungnya kegiatan operasi Mandala Airlines, semoga Mandala mendapat investor baru dan memberikan layanan terbaik kembali bagi konsumennya.

 

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s