kapolri beberkan Modus Mafia Internal Polri

Kapolri mengungkapkan delapan Modus Mafia di Internal Polri.

1. Mafia hukum, dengan meminta biaya dinas atau biaya operasional pada pihak tertentu. “Ini dilakukan dengan dalih agar pemberi dijamin keamanan dari tindakan kepolisian atau akan dilindungi apabila ada masalah hukum.

Biasanya yang menjadi objek tersebut tempat hiburan, restoran, ataupun perusahaan yang rentan dengan masalah keamanan atau hukum.

2. Melakukan pungutan liar dan atau dan atau menjadi pelindung atas bisnis-bisnis ilegal. Caranya dengan mendatangi tempat tertentu, baik itu tempat usaha maupun tempat pinggir jalan, seperti pangakalan angkutan umum, terminal, dan pasar.

3. Melakukan ancaman atau jebakan yang berujung damai. “Biasanya mempersiapkan penjebakan untuk berbagai kasus, muali ringan, seperti lalu lintas hingga narkoba. Setelah korban terjebak, dilakukan pemerasan agar kasus tidak dilanjutkan”.

4. Masyarakat atau pelapor memberi uang “dinas” agar penanganan laporan berjalan lancar.

5. Dengan mempermudah laporan ketika pihak pelapor adalah orang berpengaruh atau memiliki hubungan tertentu dengan petugas atau atasan petugas. “Budaya setoran ini masih ada”.

6. Membocorkan rahasia operasi kepolisian kepada target operasi sehingga pelaku kejahatan dapat lolos dari proses. Modus ini dilakukan biasanya dengan menghubungi dahulu pihak terkait sebelum melakukan tindakan operasi. “Informasi ini dapat dinilai dengan imbalan uang atau fasilitas”.

7. Menangkap calon tersangka lalu dilepaskan kembali. Ini dilakukan setelah calon tersangka memberi uang, baik karena diperas ataupun inisiatif dari calon tersangka, atau mendapat tekanan dari tersangka yg berpengaruh atau memiliki kedekatan.

8. Mengeluarkan surat perintah penghentian enyidikan (SP3) dengan imbalan uang, fasilitas atau karena tekanan tertentu.

Menurut Kapolri faktor penyebabnya adalah antara lain karena tingkat pendapatan, integritas yg rendah dan atasan penyidik Polri.

(Sumber: Radar Bogor)

Posted with WordPress for BlackBerry.


2 thoughts on “kapolri beberkan Modus Mafia Internal Polri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s