Mengajak anak agar sadar kesehatan gigi

Mengajak Anak agar sadar kesehatan gigi, susah-susah gampang. Contohnya anak saya Fadhil yang sekarang sudah kelas 2 SD.

Setiap kali sesudah makan Fadhil diharuskan menggosok gigi, namun kalau tidak diingatkan bahkan disuruh, Fadhil tidak gosok gigi. sehingga masih harus terus diingatkan. Memang mengingatkan atau menyuruh anak agar rajin menggosok gigi adalah cukup merepotkan. Tetapi, kita sebagai orang tua harus melihat manfaat jangka panjangnya.
Jadi, walaupun repot kita harus tetap menjalankan tugas kita tersebut.

Sebagai orang tua mengajak anak agar sadar kesehatan gigi adalah suatu kewajiban, karena salah satu indikator pertumbuhan anak kita juga dapat dilihat dari pertumbuhan giginya. Gigi yang tidak sehat akan mengganggu anak dalam proses pencernaan dan dapat menyebabkan anak lebih mudah sakit.

Untuk itu, beberapa tips berikut semoga dapat menambah pengetahuan pembaca sebagai orang tua yang perduli dengan kesehatan gigi buah hati kita;

  1. Dalam mengajak anak agar sadar kesehatan gigi, kita dapat memilih sikat gigi yang memiliki bulu yang lebih lembut dari sikat gigi biasa lainnya, kita harus pastikan bahwa anak menggosok gigi dengan baik dan benar, yaitu dari arah gusi ke ujung gigi dengan gerakan yang berulang-ulang namun ingatkan si anak supaya tidak menggosok terlalu keras. Di pasaran saat ini banyak sikat gigi untuk anak dengan bentuk yang lucu dan menarik tetapi tidak mengurangi fungsi dan manfaatnya, sehingga anak akan lebih tertarik menggunakan sikat gigi tersebut.
  2. Kita sebagai orang tua, harus bisa mengarahkan dan mengontrol anak untuk konsumsi makanan yang manis, apalagi dimalam hari. Hal ini diharapkan dapat menghindari kerusakan gigi, diantaranya masalah gigi yang berlubang, keropos dan bsa juga sampai pembengkakan gusi.
  3. Tanamkan kebiasaan kepada anak kita untuk menggosok gigi sebelum tidur, hal ini harus dilakukan sejak dini.
  4. Untuk Batita yang masih terbiasa meminum susu dengan menggunakan botol saat akan tidur bahkan sampai tertidur, sebaiknya kita bersihkan dengan kapas ataupun kain yang sudah dibasahi. Atau coba dengan alternatif lain botol susu isinya kita ganti dengan air putih.
  5. Terakhir, sebagai orang tua yang sayang anak dan peduli akan kesehatan gigi buah hati kita, mengajak anak agar sadar kesehatan gigi sebaiknya membawa anak kita untuk secara rutin memeriksa ke dokter gigi. Jangan pada saat anak kita merasakan sakit gigi baru kita panik membawanya ke dokter gigi. Pemeriksaan rutin ini sebagai pencegahan dan selain itu juga membiasakan anak ke dokter gigi akan menumbuhkanke beraniannya untuk memeriksakan giginya ke dokter.

Semoga dengan mengajak anak agar sadar kesehatan gigi, menjadikan anak-anak yang tumbuh dan berkembang dengan sehat.


2 thoughts on “Mengajak anak agar sadar kesehatan gigi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s